Kamis, 23 Juli 2020

Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Pekerjaan merupakan surat resmi yang bersifat pribadi. Surat resmi ini dibuat individu dan ditunjukkan  kepada instansi tertentu dengan harapan dapat diterima sebagai karyawan . 

Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah.Dalam praktek pemakain yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh pencari kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.
Penulisan surat lamaran pekerjaan harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Surat lamaran harus ditulis oleh pelamar pada kertas yang berkualitas, baik pada kertas bergaris maupun tidak.
  2. Surat lamaran sebaiknya ditik pada kertas HVS 70 gram dengan spasi 1,5 
  3. Penampilan surat lamaran pekerjaan harus rapi tanpa coretan atau koreksian 
  4. Isi surat lamaran harus menggambarkan sikap keoptimisan pelamar 
  5. Isi surat lamaran tidak bernada memelas atau minta dikasihani 
  6. Sapaan yang digunakan adalah Bapak/Ibu 
Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan 
  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat 
  2. Lampiran 
  3. Hal dan perihal 
  4. Alamat tujuan 
  5. Salam Pembuka 
  6. Isi Surat  dibagi menjadi empat bagian yaitu
a. Alinea Pembuka 
b. Alinea Isi
c. Alinea Penutup
d. Salam Penutup 
e. Tandatangan dan Nama Jelas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Kelas X TP dan TBSM

MENDALAMI PUISI Sumber: https://ruangimaji.files.wordpress.com/2011/03/rendra1.jpg Dengan mempelajari pelajaran 8 ini, kam...