Kamis, 06 Agustus 2020

Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan


A.   A.   Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

            Surat lamaran pekerjaan merupakan suatu surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang  atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran ini, pelamar meminta supaya ia diberi pekerjaan.Surat lamaran pekerjaan bisa juga diartikan dengan suatu surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan. Surat lamaran pekerjaan ini  biasanya bersifat formal ataupun resmi.

B.    B.  Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan

Fungsi surat lamaran kerja adalah :

1.  Fungsi utama dari surat lamaran kerja adalah sebagai tanda tertulis / resmi pengajuan permohonan pekerjaan.

2.  Sebagai Alat Komunikasi, fungsi ini merupakan salah satu fungsi dasar dari setiap surat. Karena setiap surat sudah dapat dipastikan akan mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju.

3.   Sebagai Bahan Pertimbangan, sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.

C.   C.  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran pekerjaan adalah :

1.  Gunakan bahasa yang baik dan benar, pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja ini termasuk surat resmi.

2.  Tulislah kalimat yang singkat padat dan jelas, jangan bertele-tele dalam menulis suatu surat lamaran pekerjaan.

3.  Tulislah secara manual menggunakan tangan, penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai suatu perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi seseorang.

4.  Perhatikan kebersihan suatu surat lamaran kerja, jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru.

5.  Isi secara jelas data diri dan suatu informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.

6.   Lampirkan sertifikat pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri.

D.   D.  Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika surat lamaran pekerjaan sebagai berikut :

1.        Tempat dan Tanggal pembuatan surat                      6. Alinea Isi

2.        Hal                                                                         7. Alinea Penutup

3.        Alamat                                                                    8. Salam penutup

4.        Salam pembuka                                                      9. Tanda tangan dan nama terang

5.        Alinea pembuka                                                     

E.   E.  Jenis – Jenis Surat Lamaran Pekerjaan

Menurut jenis pembuatannya surat lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

1.  Surat lamaran pekerjaan ini digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae)Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk dalam isi surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.

2.   Surat lamaran yang dipisahkan dari sebuah riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan suatu lampiran dan cara ini disebut model terpisah.

        Dalam suatu praktek pemakain yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh para pencari kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.

F.   F.  Tips Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja

      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar contoh surat lamaran kerja yang anda buat memiliki nilai dimata HRD, berikut tipsnya :

1.   Tulis surat lamaran kerja dengan Bahasa yang benar dan baik.

2.   Tulis surat lamaran kerja dengan rapi dan tidak menggunakan Bahasa yang bertele-tele

3.   Tulis surat lamaran kerja dengan data-data yang diperlukan oleh perusahaan

            4.   Lampirkan Sertifikat pendukung agar menjadi nilai plus untuk anda.
Kaidah Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan 
        1. Penulisan Surat harus menarik 
        2. Penulisan surat lamaran harus menggunakan bahasa yang baik dan benar 
        3. Penulisan surat lamaran harus menggunakan kalimat yang efektif
        4. Penulisan surat lamaran harus mencantumkan tujuan dan alasan pelamar 
        5. Penulisan surat lamaran harus terbaca dan rapi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Kelas X TP dan TBSM

MENDALAMI PUISI Sumber: https://ruangimaji.files.wordpress.com/2011/03/rendra1.jpg Dengan mempelajari pelajaran 8 ini, kam...